Blogger Widgets

Sabtu, 11 Oktober 2014

SILABUS KELAS 5 TEMA 7


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan                  : SD NEGERI 3 BRABO
Kelas                                       :  V
Tema 7                                    :  Sejarah Peradaban Indonesia
Subtema 1                               :  Kerajaan Islam di Indonesia
Pembelajaran                           :  2 (dua)
Alokasi Waktu                        :  6 JP (6 x 35 Menit)/1 hari

Kompetensi Inti
1.Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
IPA





















3.5 Mengenal rangkaian listrik
sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari

4.5.Membuat electromagnetik
sederhana dan
menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang
ditarik oleh magnet

















1.      Guru dan siswa masuk ruang kelas tepat waktu.
2.      Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
3.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanya kabar mereka
4.      Guru Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
5.      Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti
6.      Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Sejarah Peradaban Indonesia
7.      Siswa diminta menagamti benda-benda yang bersifat magnetis didalam kelas
8.      Siswa besama guru melakukan Tanya jawab tentang benda-benda yang bersifat magnetis

9.      Siswa menggali informasi dari bacaan yang disajikan di buku siswa

10.  Siswa menggarisbawahi informasi penting yang ditemukan dalam bacaan

11.  Dengan bantuan guru, siswa mencermati informasi tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia

12.  Siswa berdiskusi tentang informasi yang mereka dapatkan dari bacaan, guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan

13.  Siswa mencari kata-kata yang sulit dipahami dalam bacaan Kerajaan Demak. Siswa dengan bimbingan guru mencari arti dari kata-kata tersebut untuk memperdalam pemahaman mereka tentang bacaan

14.  Kemudian, siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca, dengan bantuan guru, siswa memfokuskan kesimpulan pada pembahasan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
15.  Siswa membaca teks bacaan tentang Kerajaan Demak dan mengolah bacaan tersebut secara mandiri dalam Rekam Jejak
16.  Siswa mencermati nilai-nilai kepemimpinan Raden Patah sebagai tokoh pahlawan yang sangat toleran dan menghormati agama lain
17.  Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden Patah, dan mengidentifikasikan sikap, perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai toleransi dan persatuan sewaktu memimpin kerajaan Demak
18.  Siswa kemudian menjawab pertanyaan acuan yang terdapat di buku siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang kerajaan Demak dibawah kepemimpinan Raden Patah
19.  Siswa menyebutkan benda-benda yang bersifat magnetis
20.  Guru meminta beberapa siswa untuk mendemonstrasikan benda-benda yang bersifat magnetis dan tidak bersifat magnetis menggunakan media yang telah disediakan oleh guru

21.  Siswa lain mengamati dan memberikan apresiasi terhadap penampilan temannya
22.  Siswa diminta mengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis dan benda yang tidak bersifat magnetis
23.  Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis dan benda-benda yang tidak bersifat magnetis
24.  Guru memberikan teks bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
25.  Siswa diminta menjawab pertanyaan tentang teks bacaan tersebut
26.  Siswa diminta mempresentasikan hasil jawaban di depan kelas
27.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan  rangkuman hasil belajar selama sehari.
28.  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
29.  Melakukan penilaian hasil belajar (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
30.  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
.
3.5.7.Mengelompokkan benda-benda
yang bersifat magnetis

4.5.6.Merancang cara membuat
electromagnet sederhana
























3.5.2. Menjawab pertanyaan
bacaan tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam
Indonesia
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam
di Indonesia
Prosedur Penilaian
a.    Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
1)  Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
2)  Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
3)  Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

Instrumen Penilaian
a.   Penilaian Proses
1)  Penilaian Kinerja
2)  Penilaian Produk
b.   Penilaian Hasil Belajar
1)  Pilihan ganda
2)  Isian singkat
Esai atau uraian






1 Hari
(4 X 30 menit)




























·   Buku Tematik Terpadu Kuriulum 2013 (Tema 7).
·   Buku Guru
·   Buku Siswa
·   Magnet Penghapus, kertas, pensil, penggaris, paku, uang logam, sendok,    peniti.





Bahasa Indonesia

3.5 Menggali informasi dari teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku



Tidak ada komentar:

Posting Komentar