SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 3 BRABO
Kelas : V
Tema
7 : Sejarah
Peradaban Indonesia
Subtema
1 :
Kerajaan Islam
di Indonesia
Pembelajaran
: 2 (dua)
Alokasi
Waktu :
6
JP (6 x 35 Menit)/1 hari
Kompetensi Inti
1.Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
IPA
|
3.5 Mengenal rangkaian listrik
sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.5.Membuat
electromagnetik
sederhana dan
menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang
ditarik oleh magnet
|
1. Guru
dan siswa masuk ruang kelas tepat waktu.
2. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing
3. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanya kabar mereka
4. Guru Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
5. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi
guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti
6. Guru
menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
Sejarah Peradaban Indonesia
7. Siswa
diminta menagamti benda-benda yang bersifat magnetis didalam kelas
8. Siswa
besama guru melakukan Tanya jawab tentang benda-benda yang bersifat magnetis
9. Siswa menggali informasi dari bacaan yang disajikan
di buku siswa
10. Siswa menggarisbawahi informasi penting yang
ditemukan dalam bacaan
11. Dengan bantuan guru, siswa mencermati informasi
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
12. Siswa berdiskusi tentang informasi yang mereka
dapatkan dari bacaan, guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan
dengan bacaan
13. Siswa mencari kata-kata yang sulit dipahami dalam bacaan
Kerajaan Demak. Siswa dengan bimbingan guru mencari arti dari kata-kata
tersebut untuk memperdalam pemahaman mereka tentang bacaan
14. Kemudian, siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang
dibaca, dengan bantuan guru, siswa memfokuskan kesimpulan pada pembahasan
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
15. Siswa membaca teks bacaan tentang Kerajaan Demak dan
mengolah bacaan tersebut secara mandiri dalam Rekam Jejak
16. Siswa mencermati nilai-nilai kepemimpinan Raden
Patah sebagai tokoh pahlawan yang sangat toleran dan menghormati agama lain
17. Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi
tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden Patah, dan
mengidentifikasikan sikap, perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan
nilai-nilai toleransi dan persatuan sewaktu memimpin kerajaan Demak
18. Siswa kemudian menjawab pertanyaan acuan yang
terdapat di buku siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang kerajaan
Demak dibawah kepemimpinan Raden Patah
19. Siswa
menyebutkan benda-benda yang bersifat magnetis
20. Guru
meminta beberapa siswa untuk mendemonstrasikan benda-benda yang bersifat
magnetis dan tidak bersifat magnetis menggunakan media yang telah disediakan
oleh guru
21. Siswa lain
mengamati dan memberikan apresiasi terhadap penampilan temannya
22. Siswa
diminta mengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis dan benda yang tidak
bersifat magnetis
23. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pengelompokan benda-benda yang bersifat
magnetis dan benda-benda yang tidak bersifat magnetis
24. Guru
memberikan teks bacaan tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
25. Siswa diminta menjawab pertanyaan tentang teks
bacaan tersebut
26. Siswa diminta mempresentasikan hasil jawaban di
depan kelas
27. Guru bersama siswa membuat kesimpulan rangkuman hasil belajar selama sehari.
28. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
29. Melakukan
penilaian hasil belajar (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi).
30. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
.
|
3.5.7.Mengelompokkan benda-benda
yang bersifat magnetis
4.5.6.Merancang cara membuat
electromagnet sederhana
3.5.2. Menjawab pertanyaan
bacaan tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam
Indonesia
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang
nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam
di Indonesia
|
Prosedur Penilaian
a.
Penilain
Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
1) Guru berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
2) Menilai kerjasamanya, tanggung
jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya,
mendominasi atau tidak dsb)
3) Menilai
dengan lembar pengamatan perilaku.
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Proses
1) Penilaian
Kinerja
2) Penilaian
Produk
b.
Penilaian
Hasil Belajar
1) Pilihan
ganda
2) Isian
singkat
Esai atau uraian
|
1
Hari
(4
X 30 menit)
|
· Buku Tematik Terpadu Kuriulum 2013 (Tema
7).
· Buku Guru
· Buku Siswa
· Magnet Penghapus,
kertas, pensil, penggaris, paku, uang logam, sendok, peniti.
|
Bahasa Indonesia
|
3.5
Menggali informasi dari teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar