PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri 3 Brabo
Kelas/
Semester : V / 1
Tema : 1.
Benda-benda di lingkungan sekitar
Subtema :
3. Manusia dan lingkungan
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya dir dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi
dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan
bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan
menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa
dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
PJOK
3.2 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau
olahraga tradisional bola kecil
4.2 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
IPA
3.4 Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam,
dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil
laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah
manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut
tidak diatasi
C. Indikator
Pencapaian
- Mengenal sampiran dan isi pantun
- Menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun
- Menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun
- Mendeskripsikan bencana alam yang terdapat pada pantun atau syair
- Menceritakan fungsi sampiran dan isi pantun
- Menceritakan informasi bencana alam yang terdapat pada pantun atau syair
- Mengenal berbagai keterangan dasar permainan kasti
- Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap,lari dan
memukul)
permainan kasti dengan kontrol yang baik
- Memukul bola yang dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat
- Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka
- Mengenal penggunaan sumber day alam dalam kehidupan sehari-hari
- Mendeskripsikan beberapa jenis sumber daya alam di lingkungan sekitar
- Mendeskripsikan perubahan-perubahan alam karena penggunaan sumber daya alam
- Mendeskripsikan laporan tentang penggunaan sumber daya alam pada kegiatan manusia sehari-hari
- Mendeskripsikan laporan percobaan tentang terjadinya siklus air
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
kegiatan menceritakan, siswa dalam memahami makna yang terdapat pada pantun dan
syair secara cermat, teliti, dan percaya diri.
2.
Dengan
kegiatan menceritakan, siswa dapat memahami informasi yang terdapat pada pantun
dan syair secara cermat, teliti, dan percaya diri.
3.
Dengan
menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengetahui jenis-jenis sumber
daya alam dan perubahannya secara logis dan tepat.
4.
Dengan
menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui perubahan alam yang
terjadi karena kegiatan manusia secara logis dan tepat.
5.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui dampak dari perubahan alam secara
cermat.
6.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menjelaska gambar ilustrasi secara mandiri dan
percaya diri.
7.
Dengan
mengamati, siwa dapat melakukan gerakkan dasar permainan bola kasti dengan
benar.
E.
Materi Ajar
1.
Pengertian sampiran dan isi pantun
2.
Fungsi sampiran dan isi pantun
3.
Teks bacaan
bencana alam yang berbentuk pantun dan syair
Pantun:
Kerlip bintang menghias malam
Sinar bulan menerangi bumi
Jika tidak menjaga alam
Manusia juga yang merugi
Syair :
Marilah kita bertimbang rasa
Lingkungan alam kita rawat
Tumbuhan dan hewan kita pelihara
Tiada kerusakan bumi kita pun akan selamat
Selesai bermain, Pak Tagor mengajak anak-anak melakukan kunjungan ke
lokasi tanah longsor. Mereka ingin menyumbangkan uang, bahan-bahan makanan, dan
pakaian yang telah mereka kumpulkan.
Udin dan teman-temannya juga melakukan pengamatan di sana. Mereka melihat
bahwa sebagian bukit di atas pemukiman warga tergerus akibat longsor. Pada
bagian bukit yang tersisa tidak tampak sebatang pohon pun. Sepertinya bukit itu
memang tandus.
Udin dan teman-teman telah selesai melakukan kunjungan dan pengamatan
lingkungan di sekitar tempat terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.
Mereka menyimpulkan bahwa bencana banjir dan tanah longsor terjadi karena hujan
lebat yang turun terus-menerus dan tidak ada pepohonan di bukit. Jika ada
pepohonan, maka akar-akarnya akan dapat menahan aliran air hujan dan menahan
longsornya tanah.
Udin dan teman-teman pun kembali ke sekolah. Selama di perjalanan, mereka
berpantun bersahut-sahutan. Inilah pantun mereka.
Siti : “Empat merpati hinggap di dahan.”
Udin : “Terbang satu tinggallah tiga.”
Dayu : “Mari kita menanam pepohonan.”
Edo : “Lingkungan indah alam pun terjaga.”
F. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : ceramah, tanya
jawab, penugasan
G. Media
dan Sumber Pembelajaran
·
Media Pembelajaran
1.
Gambar bencana alam
2.
Video pantun dan syair tentang bencana
alam
3.
Buku
4.
teks bacaan tentang wujud-wujud benda
5.
cara melakukan gerakkan menendang dengan
benar
6.
Power Point
·
Sumber Pembelajaran
1.
BSE dan Buku Guru Tema 4 “. Benda-benda
di Lingkungan Sekitar ”, Subtema “Manusia dan Lingkungan” Kurikulum 2013, hal.
153-157
2.
BSE dan Buku Siswa Tema 4 “Benda-benda
di Lingkungan Sekitar ”, Subtema “Manusia dan Lingkungan” Kurikulum 2013, hal.
127-134
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
·
Apakah anak-anak pernah melihat
bencana alam?
·
Dimana bencana alam itu terjadi?
Motivasi
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Siswa diminta untuk mengamati
gambar pada buku siswa.
2.
Guru memberikan contoh teks
pantun dan syair
3.
Guru dapat meminta dua siswa
untuk maju ke depan.
4.
Satu siswa membacakan pantun yang
ada di teks siswa.
5.
Siswa yang lain diminta untuk mengamati dan
mendengar dengan penuh perhatian
6.
Selanjutnya, Secara mandiri siswa
diminta untuk melengkapi pantun (sampiran dan isi) pada buku siswa.
7.
Secara mandiri siswa diminta untuk
menuliskan sampiran dan isi pantun pada buku siswa.
8.
Guru membimbing siswa dalam memahami
sampiran dan isi pantun.
9.
Siswa dibagi kedalam kelompok
yang terdiri dati 3-4 orang siswa.
10.
Siswa diminta untuk membuat peta
pikiran tentang fungsi sampiran pantun dan isi pantun.
11.
Siswa diminta untuk menggali
informasi tentang fungsi sampiran pantun dan isi pantun
12.
Siswa diminta membuat pantun dan
syair yang bertema tentang bencana alam.
13.
Siswa membacakan teks pantun dan
syair yang telah dibuat di depan kelas.
14.
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, dan memberikan penguatan.
15.
Guru mengajukan pertanyaan
sekitar materi yang diajarkan.
16.
Siswa mengajukan pertanyaan
sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya.
17.
Siswa mengerjakan tugas-tugas
yang diberikan guru.
18.
Guru memeriksa dan membahas
pekerjaan siswa.
19.
Guru dan siswa menyimpulkan
materi yang telah diajarkan.
|
40 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan penegasan dan
penguatan mengenai materi yang telah dipelajari
2.
Siswa mengerjakan soal evaluasi
yang diberikan oleh guru
3.
Guru meberikan penilaian dan
mengisi lembar penilaian
4.
Guru memberikan tindak lanjut
dengan memberikan tugas rumah untuk melakukan wawancara dengan orang tuanya.
5.
Guru memberikan pesan moral
kepada siswa
6.
Guru mengucapkan salam penutup
|
15 menit
|
I.
Kriteria
penilaian
1)
Pengetahuan (tes tertulis mengenai
pantun dan syair)
Instrument soal:
Pantun:
Kerlip bintang menghias malam
Sinar bulan menerangi bumi
Jika tidak menjaga alam
Manusia juga yang merugi
Syair :
Marilah kita bertimbang rasa
Lingkungan alam kita rawat
Tumbuhan dan hewan kita pelihara
Tiada kerusakan bumi kita pun akan selamat
Latihan
Soal
A.
Lengkapilah pantun dibawah ini dengan
isi pantun dan sampiran pantun!
1.
Berjalan-jalan ke taman bunga
Mawar
melati harum baunya
Lingkungan
alam harus kita jaga
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.
Malam cerah bertabur bintang
Burung
hantu bertengger di dahan
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tuliskan
sampiran pantun di atas!
Tuliskan
isi pantun di atas!
…………………………………………
…………………………………………
Tuliskan
sampiran pantun di atas!
Tuliskan
isi pantun di atas!
B.
Setelah memahami contoh sampiran pantun dan isi pantun. Apakah fungsi sampiran pantun dan fungsi isi
pantun?. Kamu dapat mencari tahu mengenai pantun dan syair dari internet atau
majalah. Kemudian, tuliskan fungsi sampiran pantun dan isi pantun.
Nilai = x 100
2)
Rubrik Essay
Kompetensi
yang dinilai:
1.
Pengetahuan siswa terhadap semua meteri
essay
2.
Keterampilan memberikan contoh-contoh
yang relevan pada semua jawaban
3.
Kemasadirian dan ketepatan waktu
mengerjakan essay
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Pengetahuan
|
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
dalam
beberapa
jawaban
essay
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
dalam
hampir
semua
jawaban
essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
|
|
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
pada
beberapa
jawaban
namun
kurang
tepat
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
yang
tepat
pada
beberapa
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
yang
tepat
hampir
disemua
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
yang
tepat
pada
semua
jawaban
|
|
Keterampilan berbicara
|
Pengucapan
pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh
pendengar
|
Pengucapan
pendapat secara keseluruhan betul- betul tidak jelas, menggumam dan tidak
dapat dimengerti
|
|
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(attitude)
|
Tidak
menyelesaikan
tugas
tepat pada
waktunya
|
Masih
perlu
diingatkan
sesekali
untuk
menyelesaikan
tugas
|
Mandiri
mengerjakan
tugas
l dan
selesai
tepat
waktu
|
Sangat
mandiri
mengerjakan
tugas
bahkan
selesai
sebelum
waktunya.
|
|
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
- contoh
pada
beberapa
jawaban
namun
kurang
relevan
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
- contoh
yang
relevan
pada
beberapa
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
- contoh
yang
relevan
pada
hampir
semua
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
– contoh
yang
relevan
pada
semua
jawaban
|
3)
Penilaian Sikap : Observasi
Nilai Karakter yang Dikembangkan
|
Indikator
|
Tertib
|
·
Siswa masuk kelas tepat waktu
·
Siswa memperhatikan saat guru
menerangkan pelajaran
·
Siswa memakai seragam sesuai hari
dan peraturan yang ditentukan
|
Percaya
Diri
|
·
Siswa berani mengungkapkan pendapat.
·
Siswa berani bertanya kepada guru
maupun kepada siswa lain.
·
Siswa berani membacakan pantun
dan syair didepan kelas.
|
Kerja
Sama
|
·
Siswa membantu mengerjakan tugas
kelompok tentang fungsi isi pantun dan fungsi sampiran pantun
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar