RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SDN III
Brabo Tanggungharjo
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : 4/ 2
Waktu : 2x 35 menit (1x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Mengekspresikan
diri melalui seni kerajinan.
B. Kompetensi Dasar
Membuat
karya seni kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan limbah
C.
Indikator Pencapaian
Membuat karya kerajinan sesuai
dengan kreatifitas masing-masing.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui metode demonstrasi dan melihat contoh
siswa dapat membuat boneka tangan berdasarkan rancangan dari guru dengan baik.
2. Melalui melihat contoh dan
mendengarkan siswa dapat membuat celengan sesuai keinginan dengan baik.
3. Setelah melakukan pengamatan, dengan unjuk kerja diharapkan siswa dapat:
Membuat karya kerajinan sesuai dengan kreatifitas
masing-masing.
E.
Materi
Pokok
Membuat
kerajinan dari bahan bekas.
F. Model
dan Metode :
Model : -
Metode
: Demonstrasi dan Unjuk Kerja
G.
Tema
Tema
: menabung
H. Alat
dan bahan:
1.
Kardus Bekas
2.
Kertas Lipat
3.
Kertas marmer
4.
Lem kertas/doble tipe
5.
Tinta timbul
6.
Gunting
7.
Cutter
8.
Penggaris
9.
Pensil
10. Spidol
hitam
I.
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan Pendahuluan :
1)
Guru membuka
pelajaran dengan salam (religius).
2)
Guru meminta
ketua kelas untuk memimpin doa (disiplin,religius).
3)
Guru melakukan
presensi kehadiran siswa (disiplin).
4)
Guru memeriksa
kondisi kelas.
5)
Guru melakukan
apersepsi (anak-anak hari ini kita akan belajar membuat celengan dari kardus
bekas).
6)
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1)
Guru melakukan tanya jawab kepada siswa yang
berhubungan dengan materi pelajaran (anak-anak siapa yang di rumah punya
celengan?) (komunikatif).
b. Elaborasi
1)
Guru menampilkan contoh celengan yang sudah jadi.
2)
Guru memberikan lembar praktikum celengan dus kepada
siswa.
3)
Guru memandu siswa membuat celengan dus secara
bersama-sama.
4)
Guru memberi bantuan kepada siswa yang kesulitan
membuatcelengan dus.
5)
Guru menilai hasil karya siswa.
c. Konfirmasi
1)
Guru memberikan reward
kepada siswa yang membuat hasil karya cukup bagus.
2)
Guru memberikan penguatan.
3)
Guru memberi kesempatan bertanya bagi siswa yang belum
jelas (aktif).
4)
Guru memberika motivasi kepada siswa agar lebih
meningkatkan prestasinya.
3. Kegiatan Penutup
1)
Guru dan siswa menyimpulakan materi pelajaran (aktif).
2)
Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
3)
Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam
(religius).
Langkah-langkah
Kegiatan Pembuatan Celengan Dos
1.
Siapkan semua alat dan bahan untuk membuat celengan
naga
2.
Tutuplah dos dan isolasi dos tersebut
3.
Lapisi seluruh permukaan dos dengan kertas berwarna
ungu
4.
Buatlah mulut naga dari kertas lipat berwarna merah
5.
Lalu, lipat dan letakan setengah bagian bawahnya pada
dos
6.
Buatlah lubang diatas mulut bagian bawah dan dosnya
sebagai celah uang
7.
Buatlah lidahnya dari kertas lipat berwarna merah dan
letakan di dalam mulut bagian atas
8.
Buatlah matanya dari kertas lipat berwarna kuning, dan
gambarlah matanya dengan spidol hitam
9.
Tandailah hidungnya dengan spidol hitam
10. Badan
naga dibuat dari kertas marmer yang berbeda bentuk bulatan kecil, kemudian
gunting dan letakan mulai dari bawah kepala naga
11. Lalu,
tempel bulatan kecil tersebut hingga menyerupai badan naga
12. Guntinglah
empat kaki naga dari kertas berwarna hijau
13. Lalu
gambarlah jari-jari kaki naga dengan spidol hitam
14. Hiaslah
tubuh naga menggunakan tinta timbul
15. Celengan
siap untuk di isi
A.
Penilaian
Penilaian Produk
Nama siswa : …………..
No absen : …………..
No
|
Indikator
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Keindahan
|
|||||
2.
|
Kerapian
|
|||||
3.
|
Kesesuaian
|
|||||
4.
|
Kreatifitas
|
Skor :
5 : sangat
baik
4 : baik
3 : cukup
2 : kurang
1: sangat
kurang
Nilai = jumlah
skor x 5 = 100
Catatan :
Siswa yang
mendapat nilai kurang dari 75 maka akan diadakan remidial.
B.
Sumber dan Alat :
Sumber :
-
Alat :
Celengan dos
Semarang,
14 Juni 2013
Mengetahui,
|
|
Kepala
Sekolah
|
Guru Kelas III
|
Rofian, S.Pd
|
Arni Nuryana
|
NIP
|
NPM 12120327
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar