Blogger Widgets

Sabtu, 11 Oktober 2014

RPP Kelas V Tema 7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan       : SD NEGERI 8 PURWODADI
Kelas                             :  V
Tema 7                          :  Sejarah Peradaban Indonesia
Subtema 1                     :  Kerajaan Islam di Indonesia
Pembelajaran                :  2 (dua)
Alokasi Waktu              :  6 JP (6 x 35 Menit)/1 hari

Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
IPA
Kompetensi Dasar:
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator
3.5.7. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
Bahasa Indonesia
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan      Islam Indonesia
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui metode demonstrasi siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis
2.      Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dengan teliti

C.    Materi Pembelajaran
   Teks bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia (terlampir)
D.    Pendekatan, Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Metode            : Tanya jawab, demonstrasi dan ceramah.

E.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.   Media                    : Magnet batang
2.   Alat/Bahan            : Penghapus, kertas, pensil, penggaris, paku, uang logam, sendok,    peniti, klip kertas.
3.   Sumber belajar      : Buku Guru;Buku Siswa ; Tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia



F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru dan siswa masuk ruang kelas tepat waktu.
2.      Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
3.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanya kabar mereka
4.      Guru Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
5.      Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti
6.      Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Sejarah Peradaban Indonesia

Inti
1.      Siswa diminta menagamti benda-benda yang bersifat magnetis didalam kelas (mengamati)
2.      Siswa besama guru melakukan Tanya jawab tentang benda-benda yang bersifat magnetis (menanya)
3.      Siswa menyebutkan benda-benda yang bersifat magnetis (mengumpulkan informasi, manalar)
4.      Guru meminta beberapa siswa untuk mendemonstrasikan benda-benda yang bersifat magnetis dan tidak bersifat magnetis menggunakan media yang telah disediakan oleh guru (mencoba, mengkomunikasikan)
5.      Siswa lain mengamati dan memberikan apresiasi terhadap penampilan temannya (mengamati)
6.      Siswa diminta mengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis dan benda yang tidak bersifat magnetis (mengkomunikasikan)
7.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis dan benda-benda yang tidak bersifat magnetis (mengumpulkan informasi)
8.      Guru memberikan teks bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
9.      Siswa diminta menjawab pertanyaan tentang teks bacaan tersebut (mengumpulkan informasi)
10.  Siswa diminta mempresentasikan hasil jawaban di depan kelas (mengkomunikasikan)

Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan  rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.      Melakukan penilaian hasil belajar (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

G.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a)      Penilaian Sikap                        : selama proses pembelajaran
b)     Penilaian Pengetahuan                        : setelah proses pembelajaran berupan tes uraian
2.      Bentuk Instrument Penilaian
a.       Rubrik Penilaian IPA (terlampir)
b.      Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia (terlampir)











                                                                                                            Semarang, 14 Oktober 2014
            Mengetahui                                                                            
            Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas 5
            NIP……………….                                                                NIP……………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar