Blogger Widgets

Minggu, 05 Oktober 2014

Muatan Materi



Tema               : 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Subtema          : 3. Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran   : 2 (dua)

Indikoator
  1. Mengenal sampiran dan isi pantun
  2. Menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun

Bentuk Materi
  1. Pengertian sampiran dan isi pantun
  2. Fungsi sampiran dan isi pantun
Wujud Materi
Contoh Teks bacaan bencana alam yang berbentuk pantun dan syair
Pantun:
Kerlip bintang menghias malam
Sinar bulan menerangi bumi
Jika tidak menjaga alam
Manusia juga yang merugi
Syair :
Marilah kita bertimbang rasa
Lingkungan alam kita rawat
Tumbuhan dan hewan kita pelihara
Tiada kerusakan bumi kita pun akan selamat


Selesai bermain, Pak Tagor mengajak anak-anak melakukan kunjungan ke lokasi tanah longsor. Mereka ingin menyumbangkan uang, bahan-bahan makanan, dan pakaian yang telah mereka kumpulkan.
Udin dan teman-temannya juga melakukan pengamatan di sana. Mereka melihat bahwa sebagian bukit di atas pemukiman warga tergerus akibat longsor. Pada bagian bukit yang tersisa tidak tampak sebatang pohon pun. Sepertinya bukit itu memang tandus.
Udin dan teman-teman telah selesai melakukan kunjungan dan pengamatan lingkungan di sekitar tempat terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Mereka menyimpulkan bahwa bencana banjir dan tanah longsor terjadi karena hujan lebat yang turun terus-menerus dan tidak ada pepohonan di bukit. Jika ada pepohonan, maka akar-akarnya akan dapat menahan aliran air hujan dan menahan longsornya tanah.
Udin dan teman-teman pun kembali ke sekolah. Selama di perjalanan, mereka berpantun bersahut-sahutan. Inilah pantun mereka.
Siti : “Empat merpati hinggap di dahan.”
Udin : “Terbang satu tinggallah tiga.”
Dayu : “Mari kita menanam pepohonan.”
Edo : “Lingkungan indah alam pun terjaga.”






Latihan Soal
A.    Lengkapilah pantun dibawah ini dengan isi pantun dan sampiran pantun!
  1. Berjalan-jalan ke taman bunga
Mawar melati harum baunya
Lingkungan alam harus kita jaga
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  1. Malam cerah bertabur bintang
Burung hantu bertengger di dahan
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tuliskan sampiran pantun di atas!
Tuliskan isi pantun di atas!
…………………………………………
…………………………………………
Tuliskan sampiran pantun di atas!
Rounded Rectangle: 2. ………………………………………… …………………………………………
Tuliskan isi pantun di atas!
Rounded Rectangle: 2. ………………………………………… …………………………………………








B.     Setelah memahami contoh  sampiran pantun dan isi pantun.  Apakah fungsi sampiran pantun dan fungsi isi pantun?. Kamu dapat mencari tahu mengenai pantun dan syair dari internet atau majalah. Kemudian, tuliskan fungsi sampiran pantun dan isi pantun.






Rounded Rectangle: Fungsi Sampiran
……………………………………………………...............
………………………………………………………............
……………………………………………………….............
………………………………………………………............
………………………………………………………............
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
…………………......................................
Rounded Rectangle: Fungsi isi
……………………………………………………...............
………………………………………………………............
……………………………………………………….............
………………………………………………………............
……………………………………………………….............
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
…………………......................................
 















   RUBRIK PENILAIAN

A.  Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
1.      Pengetahuan siswa terhadap semua meteri essay
2.      Keterampilan memberikan contoh-contoh yang relevan pada semua jawaban
3.      Kemasadirian dan ketepatan waktu mengerjakan essay
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1
2
3
4


Pengetahuan
Siswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi dalam
beberapa
jawaban essay
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi dalam
hampir semua
jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay


Siswa mampu
memberikan
alasan pada
beberapa
jawaban namun
kurang tepat
Siswa mampu
memberikan
alasan yang
tepat pada
beberapa
jawaban
Siswa mampu
memberikan
alasan yang
tepat hampir
disemua
jawaban
Siswa mampu
memberikan
alasan yang
tepat pada
semua jawaban
Keterampilan berbicara
Pengucapan pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapan pendapat secara keseluruhan betul- betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(attitude)
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
Keterampilan
Siswa mampu
memberikan
contoh - contoh
pada beberapa
jawaban namun
kurang relevan
Siswa mampu
memberikan
contoh - contoh
yang relevan
pada beberapa
jawaban
Siswa mampu
memberikan
contoh - contoh
yang relevan
pada hampir
semua jawaban
Siswa mampu
memberikan
contoh – contoh
yang relevan
pada semua
jawaban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar