Tema : 1. Benda-benda di Lingkungan
Sekitar
Subtema : 3. Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran
: 2 (dua)
Indikoator
- Mengenal sampiran dan isi pantun
- Menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun
Bentuk
Materi
- Pengertian sampiran dan isi pantun
- Fungsi sampiran dan isi pantun
Wujud
Materi
Contoh
Teks bacaan bencana alam yang berbentuk pantun dan syair
Pantun:
Kerlip bintang
menghias malam
Sinar bulan
menerangi bumi
Jika tidak menjaga
alam
Manusia
juga yang merugi
Syair
:
Marilah
kita bertimbang rasa
Lingkungan
alam kita rawat
Tumbuhan
dan hewan kita pelihara
Tiada
kerusakan bumi kita pun akan selamat
Selesai bermain, Pak Tagor mengajak anak-anak
melakukan kunjungan ke lokasi tanah longsor. Mereka ingin menyumbangkan uang,
bahan-bahan makanan, dan pakaian yang telah mereka kumpulkan.
Udin
dan teman-temannya juga melakukan pengamatan di sana. Mereka melihat bahwa
sebagian bukit di atas pemukiman warga tergerus akibat longsor. Pada bagian
bukit yang tersisa tidak tampak sebatang pohon pun. Sepertinya bukit itu memang
tandus.
Udin
dan teman-teman telah selesai melakukan kunjungan dan pengamatan lingkungan di
sekitar tempat terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Mereka menyimpulkan
bahwa bencana banjir dan tanah longsor terjadi karena hujan lebat yang turun
terus-menerus dan tidak ada pepohonan di bukit. Jika ada pepohonan, maka
akar-akarnya akan dapat menahan aliran air hujan dan menahan longsornya tanah.
Udin
dan teman-teman pun kembali ke sekolah. Selama di perjalanan, mereka berpantun
bersahut-sahutan. Inilah pantun mereka.
Siti
: “Empat merpati hinggap di dahan.”
Udin
: “Terbang satu tinggallah tiga.”
Dayu
: “Mari kita menanam pepohonan.”
Edo
: “Lingkungan indah alam pun terjaga.”
Latihan Soal
A.
Lengkapilah pantun dibawah
ini dengan isi pantun dan sampiran pantun!
- Berjalan-jalan ke taman bunga
Mawar
melati harum baunya
Lingkungan
alam harus kita jaga
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Malam cerah bertabur bintang
Burung
hantu bertengger di dahan
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tuliskan
sampiran pantun di atas!
Tuliskan
isi pantun di atas!
…………………………………………
…………………………………………
Tuliskan sampiran pantun di atas!
Tuliskan isi pantun di atas!
B.
Setelah memahami contoh sampiran pantun dan isi pantun. Apakah fungsi sampiran pantun dan fungsi isi
pantun?. Kamu dapat mencari tahu mengenai pantun dan syair dari internet atau
majalah. Kemudian, tuliskan fungsi sampiran pantun dan isi pantun.
RUBRIK PENILAIAN
A.
Rubrik Essay
Kompetensi
yang dinilai:
1.
Pengetahuan siswa terhadap semua meteri
essay
2.
Keterampilan memberikan contoh-contoh
yang relevan pada semua jawaban
3.
Kemasadirian dan ketepatan waktu
mengerjakan essay
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Pengetahuan
|
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
dalam
beberapa
jawaban
essay
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
dalam
hampir
semua
jawaban
essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
|
|
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
pada
beberapa
jawaban
namun
kurang
tepat
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
yang
tepat
pada
beberapa
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
yang
tepat
hampir
disemua
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
yang
tepat
pada
semua
jawaban
|
|
Keterampilan berbicara
|
Pengucapan
pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh
pendengar
|
Pengucapan
pendapat secara keseluruhan betul- betul tidak jelas, menggumam dan tidak
dapat dimengerti
|
|
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(attitude)
|
Tidak
menyelesaikan
tugas
tepat pada
waktunya
|
Masih
perlu
diingatkan
sesekali
untuk
menyelesaikan
tugas
|
Mandiri
mengerjakan
tugas
l dan
selesai
tepat
waktu
|
Sangat
mandiri
mengerjakan
tugas
bahkan
selesai
sebelum
waktunya.
|
|
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
- contoh
pada
beberapa
jawaban
namun
kurang
relevan
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
- contoh
yang
relevan
pada
beberapa
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
- contoh
yang
relevan
pada
hampir
semua
jawaban
|
Siswa
mampu
memberikan
contoh
– contoh
yang
relevan
pada
semua
jawaban
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar