Bahan
Ajar
Satuan Pendidikan :
SDNEGERI 3 BRABO
Kelas/Semester :
IV(Empat)/I(Satu)
Tema :
4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema :
3.
Pekerjaan Orang Tuaku
Alokasi waktu : 6 JP (6 x 35 Menit)/1 hari
- Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi Dasar
IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan,
konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial,
ekonomi, dan pendidikan.
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya.
IPA
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam
dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
BAHASA
INDONESIA
3.3
Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan
serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks
wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan
koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
- Indikator Pencapaian Kompetensi
IPS
- Membandingkan alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa.
- Memprediksi alat-alat yang digunakan untuk pekerjaannya di masa mendatang.
IPA
- Membandingkan penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa.
- Memberikan ide cara menjaga kesuburan tanah.
BAHASA INDONESIA
1.
Mendesain
kalimat pertanyaan untuk wawancara tentang pekerjaan orang tua di rumah.
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui metode diskusi kelas dan analisa gambar, siswa mampu membandingkan alat-alat yang dibutuhkan untuk pekerjaan dari masa ke masa dalam bentuk tulisan dengan benar.
- Melalui metode diskusi kelas dan analisa gambar, siswa mampu memprediksi alat-alat yang dibutuhkan untuk pekerjaannya di masa mendatang dengan rinci.
- Setelah membaca teks dan diskusi, siswa mampu menjelaskan akibat penggunaan pupuk dengan benar.
- Setelah membaca teks dan diskusi, siswa mampu memberikan ide cara menjaga kesuburan tanah dengan tepat.
- Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membuat pertanyaan yang sesuai mencari informasi tentang pekerjaan orang tua dengan tepat.
Perkembangan teknologi
saat ini sangat pesat. Teknologi dapat mempermudah pekerjaan. Contohnya, pekerjaan
cepat selesai dan hasil yang meningkat. Apakah yang dimaksud dengan teknologi
produksi?Teknologi adalah kemampuan berlandaskan ilmu pengetahuan. Adapun
produksi adalah kegiatan menghasilkan barang. Jadi, teknologi produksi adalah
kegiatan menghasilkan barang berlandaskan pengetahuan. Teknologi produksi
mengalami perkembangan. Perkembangannya selalu ke arah kemajuan. Teknologi
produksi pada masa kini jauh lebih baik. Apabila dibandingkan dengan teknologi
masa lalu. Teknologi produksi masa lalu bersifat sederhana. Hasilnya pun sangat
terbatas. Teknologi produksi masa kini bersifat modern. Selain itu, banyak
memberi kemudahan. Salah satu kemudahan itu adalah hasil produksi yang
melimpah. Sumber daya alam perlu diolah sebelum dinikmati. Pengolahannya menggunakan
teknologi. Salah satunya teknologi produksi. Teknologi produksi dalam
pemanfaatannya menggunakan alat. Adanya teknologi produksi kebutuhan hidup
dapat terpenuhi. Kebutuhan hidup itu, seperti pangan, sandang, dan sebagainya.
Berikut akan dibahas mengenai teknologi produksi. Di antaranya teknologi
produksi pangan dan sandang.
Dan dibawah ini adalah salah satu
teknologi produksi berdasarkan perkembangan zaman.
Amati
gambar berikut!
Kakek Udin Ayah
membajak sawah dengan traktor!
Ayo
Lakukan
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Alat apa yang digunakan oleh Kakek
Udin untuk menggemburkan tanah?
2. Alat apa yang digunakan oleh Paman
Udin untuk menggemburkan tanah?
3. Apakah peralatan mereka sama?
Teknologi masa lalu
lebih sederhana dan hasilnya pun terbatas. Teknologi masa kini biasanya
menggunakan mesin yang memudahkan pekerjaan manusia. Gambar di bawah ini adalah
contoh lain perkembangan teknologi dari masa ke masa
Setrika areng setrika
listrik
Kompor minyak kompor
gas
Mesin ketik komputer
Paman Udin menggunakan
bahan alami, yaitu pupuk kompos, pupuk kandang, dan pestisida alami untuk
menyuburkan tanamannya. Pupuk alami membuat hasil panen sangat bagus. Sementara
itu, pestisida digunakan untuk mengendalikan hama atau penyakit pada tanaman.
Dahulu Paman Udin menggunakan pupuk dan pestisida buatan. Penggunaan
pestisida tanpa
mengikuti aturan akan membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan, juga dapat
merusak lingkungan. Pestisida mengandung racun yang dapat membunuh bakteri
pengurai di tanah.
Padahal bakteri tersebut berguna untuk menggemburkan tanah. Pupuk buatan dan
pestisida mengandung zat-zat yang berbahaya. Jika digunakan secara berlebihan,
dapat menimbulkan pencemaran tanah dan air.
yang berada di dalam tanah akan
mati.
Setelah kegiatan
menanam, memupuk, dan merawatnya, kini tibalah waktu Paman Udin memanen padi.
Ia menghubungi pedagang untuk menjual padi hasil panennya. Pedagang itu tinggal
di kota yang letaknya jauh dari rumah Paman Udin. Untuk memudahkan komunikasi,
Paman Udin menggunakan telepon. Pernahkah kalian menerima berita lewat telepon?
Telepon merupakan alat yang sering digunakan. Adanya telepon, komunikasi menjadi
sangat mudah dan cepat. Pesawat telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell
tahun 1876. Alexander berkebangsaan Amerika Serikat.
Di bawah ini beberapa
gambar perkembangan telepon.
1940 1995 2010 2020
Selain telpon alat
komunikasi yang lain yaitu Surat. Pernahkah kalian menerima surat dari teman?
Surat itu merupakan bentuk komunikasi tidak langsung kepada temanmu. Komunikasi
adalah penerimaan pesan, baik langsung atau tidak langsung. Komunikasi langsung
berupa menanyakan langsung tanpa alat. Contohnya, Paman Udin bertanya tentang letak rumah sakit.
Komunikasi tidak langsung menggunakan alat. Alat komunikasi mengalami
perkembangan. Alat komunikasi mempercepat penyampaian pesan. Alat komunikasi
dapat berupa elektronik dan media cetak. Teknologi komunikasi dapat mengatasi
jarak dan waktu. Jarak yang jauh terasa dekat. Waktu yang dibutuhkan cepat.
Alat komunikasi apa yang sering kamu gunakan? Alat komunikasi sekarang ini
sangat banyak. Baik yang tradisional maupun modern. Contohnya, berupa surat,
telepon, telegram, radio, dan sebagainya.
A.
Media Pembelajaran
Setrika areng setrika
listrik
Kompor minyak kompor
gas
Mesin ketik komputer
- Lembar Kerja Siswa
Lembar
Diskusi
Nama Kelompok
:…………………….
Kelas :……………………
I.Amati gambar berikut!
Kakek membajak sawah menggunakan kerbau Paman
Udin membajak sawah dengan traktor
Diskusikan hasil jawaban kamu
dengan teman sebelah kamu!
Jawablah pertanyaan
berikut!
1. Alat apa yang
digunakan oleh Kakek Udin untuk menggemburkan tanah?
2. Alat apa yang
digunakan oleh Paman Udin untuk menggemburkan tanah?
3. Apakah peralatan mereka sama?
4. Alat mana yang
menggunakan mesin?
5. Sebutkan
perbedaan kedua alat itu?
6. Menurutmu, alat
mana yang lebih cepat untuk mengolah tanah?
7. Menurutmu alat
apa yang digunakan untuk mengemburkan tanah pada masa
depan?
II. Ayo
berdiskusi teman sebangkumu, lihatlah gambar contoh teknolgi dari masa kemasa dibawah ini berikan
tanda sesuai dengan
teknologi yang kamu ketahui !
NO
|
Contoh Teknologi
|
Teknologi masa lalu
|
Teknologi masa kini
|
1
|
Setrika arang
|
|
|
2
|
Setrika Listrik
|
|
|
3
|
Kompor Minyak
|
|
|
4
|
Kompor Gas
|
|
|
5
|
Mesin ketik
|
|
|
6
|
Komputer
|
|
|
Evaluasi
I.
Berilah
tanda silang (x) pada jawaban yang paling kamu anggap benar!
1. Alat
komunikasi modern adalah ....
a. telepon selular c. kentongan
b. obor
d. faksimili
2. Yang
tidak termasuk pupuk alami adalah….
a. Pupuk
kompos c. Pestisida buatan
b. Pupuk
kandang d. Pestisida alami
3. Pak
Toni mempunyai sawah berbentuk persegi panjang, dengan panjang 75 m dan
lebar 50 m, berapakah luas sawah pak
toni…..
a.
375 c.
475
b.
376 d.
476
4. Orang
yang bekerja disawah disebut ....
a. petani c. buruh
b. nelayan d. pelayan
5. Alat
transportasi modern adalah ....
a. delman c. sepeda
b. pesawat terbang d. jalan kaki
II.
Jawablah
pertanyaan berikut dengan jelas!
1.
Sebutkan 3 contoh yang termasuk
peralatan tradisional….
2.
Sebutkan 3 contoh yang termauk peralatan
modern….
3.
Apa dampak menggunakan pupuk buatan
secara berlebihan….
4.
Hitunglah luas persegi panjang, dengan
panjang 15 cm, dan lebar 10cm….
5.
Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum
melakukan wawancara….
Kunci
Jawaban
Romawai
I
- A
- C
- A
- A
- B
Romawi
II
- Ketongan, setrika ayam, kompor minyak
- Telepon seluler, setrika listrik, kompor gas
- Membahayakan kesehatan manusia dan kerusakan lingkunan
- 150 cm
- Memilih narasumber, menyiapkan daftar pertanyaan, menyiapkan alat tulis atau alat perekam suara, dll.
BAHAN AJAR YANG BAGUS DAN LAUR BIASA
BalasHapus